3 Khasiat Rebung Yang Luar Biasa

3 Khasiat Rebung Yang Luar Biasa.-Menurut klasifikasi botani, tanaman bambu termasuk kelas Monocotyle Doneae, Ordo Graminales, subfamili Dendrocalamae. Sementara itu, rebung adalah tunas tanaman bambu yang muncul di bagian pangkal rumpun bambu. Rebung berbentuk kerucut dan dipenuhi lapisan-lapisan kulit yang berglugut atau rambut bambu


khasiat rebung
Tunas bambu muda ini termasuk dalam kelompok sayuran-sayuran yang enak dimakan. Dalam bahasa Inggris, rebung dikenal dengan sebutan bamboo shoot. Biasanya, rebung akan tumbuh dalam waktu 2-4 bulan, sehingga sebelum waktu itu maka tunas bambu tersebut harus segera dimanfaatkan untuk sayuran. Dalam praktinya, pemanenan rebung dapat dilakukan sepanjang tahun, dengan penen raya terjadi pada musim hujan, yaitu antara bulan Desember-Februari.

khasiat rebung



Tidak semua jenis bambu memiliki rabung yang lezat untuk dimakan, beberapa diantaranya memiliki rasa yang pahit ketika dimakan. Bambu jenis apus (pring apus) dalam bahasa Jawa merupakan salah satu jenis bambu yang tidak dapat diolah menjadi masakan, karena rasanya yang pahit. Kandungan gizi yang terkandung dalam rebung antara lain serat, kalium, lemak, vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, fospor dan besi.

Khasiat dan manfaat rabung antara lain sebagai berikut.

  • Kulit dalam rebung dapat kurangi resiko stroke
Di dalam rebung terdapat banyak kandungan senyawa mulai air, thiamin, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalium, fospor, besi, dan lainnya. Adapun kandungan protein, karbohidrat, dan lemak tidaklah berbeda jauh jika dibandingkan dengan sayuran lainnya.

khasiat rebung
Tapi kandungan kalium yang cukup tinggi yakni mencapai 533 mg per 10 gr dan kaya akan kalium, minimal 400 mg, sangat bermanfaat untuk kurangi risiki serangan stroke.
  • Serat rebung untuk pencegah berbagai penyakit
Rebung juga kaya akan serat. Kandungan seratnya lebih tinggi bila dibandingkan dengan sayuran tropis lainnya. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan, telah ditemukan bahwa kekurangan serat ternyata dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyumbatan pembuluh darah atau aterosklerosis, diabetes mellitus, jantung koroner, kanker kolon dan lainnya.
  • Sebagai obat liver
Rebung bambu kuning bambusa vulgaris mengandung hidroksi bemsaldehid, yaitu senyawa fenol yang mirip dengan sebagian gugusan silimarin dan kurkumin. Kedua gugusan ini berkhasiat sebagai anti racun hati. Senyawa silimarin telah lama dipasarkan sebagai obat liver atau sahit hati dengan sebuah merk dagang.
khasiat rebung

Selain lezat diolah, rebung juga kaya serat pangan dan kalium. Itu berarti rebung dapat dijadikan penekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Rebung mengandung antioksidan berjenis fitosteron. Dalam ilmu pengobatan Cina, rabung juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, rebung juga memiliki serat yang dapat menurunkan risiko kanker usus.

Sekian pembahasan terkait 3 khasiat rebung yang luar biasa semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

0 Response to "3 Khasiat Rebung Yang Luar Biasa"

Post a Comment

wdcfawqafwef