Khasiat Taoge Untuk Meningkatkan Kesuburan

Khasiat Taoge Untuk Meningkatkan Kesuburan.- Taoge atau kecambah adalah tumbuhan sporofit muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Tahap perkembangannya disebut perkecambahan dan merupakan satu tahap krisis dalam kehidupan tumbuhan. Kecambah sering digunakan sebagai bahan pangan dan digolongkan sebagai sayur-sayuran.
khasiat taoge




Bahkan dalam khazanah tata boga Asia, taoge taoge dikenal sebagai bagian dari menu yang cukup umum. Di samping itu, taoge juga tergolong makanan sehat karena kaya akan vitamin E, meskipun ada yang mengkritik karena taoge membentuk zat antigizi.

Jika dibandingkan dengan bijinya, kecambah atau taoge lebih bergizi. Protein taoge lebih tinggi 19 persen dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji aslinya. Hal ini karena selama proses menjadi kecambah terjadi pembentukan asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.

Kandungan gizi dalam taoge antara lain energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fospor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan air.

Khasiat dan manfaat taoge sangat banyak, diantaranya sebagai berikut:
khasiat taoge

  • Mencegah kanker
Proses menjadi taoge menguraikan 90 persen rantai olisakarida menjadi kerbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap oleh tubuh, bahkan tanpa menghasilkan gas. Selain itu, banyaknya serat pada taoge membantu menguraikan kotoran dalam usus besar. Dengan mendorong kotoran untuk segera meninggalkan usus besar, maka hilanglah zat-zat beracun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh.

Hal ini dapat mencegah menumpuknya zat racun yang dapat merangsang berseminya benih kanker.

  • Mencegah serangan jantung dan stroke
Serangan jantung banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung. Mengonsumsi taoge yang kaya akan saponin akan menghancurkan lemak jahat (LDL) tanpa mengandung lemak yang baik (HDL).
  • Mencegah osteoporosis
Taoge mengandung estrogen alami yang berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tetapi keunggulannya estrogen alami tak memiliki efek samping. Sehingga, estrogen dalam taoge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang, dan mencegah keroposnya tulang.
khasiat taoge
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Saponin taoge juga dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan T-limfosit dan interferon. Selain serat DNA, taoge kaya akan zat antioksidan yang membentengi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.
  • Meningkatkan kesuburan pria
Vitamin C pada taoge berfungsi untuk kesuburan (fertilitas) pria. Kurang mengonsumsi vitamin C dapat mengakibatkan sel sperma menjadi lengkat dan tentu saja akan mengganggu pembuahan sel telur, karena sel sperma akan sulit mencapai sel telur.

khasiat taoge
Adanya kandungan vitamin E dalam taoge berfungsi dalam pembentukan testosteron yang diperlukan untuk pembentukan sperma. Maka, laki-laki sangat dianjurkan untuk mengonsumsi taoge.

Sifat taoge adalah dingin, bila terlalu banyak mengonsumsinya juga akan mudah merusak lambung. Karena itu, bagi orang yang kondisi lambung atau limpanya dingin, tidaklah cocok bila mengonsumsinya taoge untuk jangka waktu lama.

Oke baiklah, sekian pembahasan kita mengenai khasiat taoge untuk meningkatkan kesuburan semoga bermanfaat.

0 Response to "Khasiat Taoge Untuk Meningkatkan Kesuburan"

Post a Comment

wdcfawqafwef