Khasiat Tomat Tanaman Pencegah Kanker

Khasiat Tomat Tanaman Pencegah Kanker.- Solanum Lycopersicum atau Lycopersicum Esculentum adalah istilah latin untuk tumbuhan tomat. Tomat berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, tepatnya dari Meksiko hingga ke Peru. Tomat hampir tersebar ke seluruh belahan dunia setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan. Negara ini menyebarkan tomat ke koloni-koloninya di Karibia, Asia dan akhirnya sampai ke Eropa.
khasiat tomat pencegah kanker




Tomat tumbuh dengan ketinggian 1-1600 m (dpl), dengan model kontur tanah yang gembur dan subur. Tomat sangat tidak menyukai air hujan dan terik matahari langsung. Kandungan Betakaroten, terutama likopen dalam tomat akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin C dan E yang dikandung oleh tomat memiliki sifat antioksidan.

Kandungan gizi dalam tomat, rasa tomat pada umunya sedikit asam. Tomat sudah menjadi bahan pelengkap masakan di setiap hidangan keluarga Indonesia. Dari daftar kandungan bahan makanan, menerangkan bahwa kandungan tomat adalah fospor, besi, karbohidrat, energi, protein, lemak, kalsium, serat, vitamin A, vitamin B1 dan air.
khasiat tomat pencegah kanker
khasiat tomat pencegah kanker

Khasiat tomat mampu mengatasi penyakit degeneratif hingga penyakit kulit, banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli, baik di dalam maupun luar negeri, menemukan jika tomat menyimpan berbagai macam khasiat dam manfaat. Di antara manfaat tomat itu antara lain sebagai berikut:

  • Mencegah berbagai macam penyakit kanker
Sesuai dengan informasi dari Journal of National Center Institute dan penelitian dari Universitas Illinois, pria yang mengonsumsi 10 porsi makanan dengan bahan dasar tomat akan terhindar dari kanker prostat dan diperkirakan oleh kandungan likopen dalam tomat.
  • Mencegah jantung koroner
Jika mengonsumsi tomat dalam kadar yang tepat. Dengan mengonsumsi tomat, tubuh akan memiliki kadar likopen yang cukup tinggi, yang bermanfaat untuk mencegah serangan jantung. Kandungan asam salisilat pada tomat juga mampu mencegah pengentalan darah, sehingga peredaran darah akan lancar tanpa adanya penyumbatan.
khasiat tomat pencegah kanker
  • Melancarkan pencernaan
Karena tomat kaya akan serat mencapai 0,8 gr, air 94 gr, serta kandungan mineral yang banyak. Kandungan tersebut sangatlah membantu proses pencernaan. Selain itu, kandungan mineral pada tomat juga akan merangsang produksi air liur sehingga akan menambah nafsu makan.
  • Memperhalus kulit
Karena tomat mengandung vitamin B3 yang sangat berguna untuk menghaluskan kulit. Tomat mampu melancarkan peredaran darah, sehingga kulit mendapat suplai makanan yang cukup. Kemudian, zat tomatin pada tomat mampu mencegah timbulnya jerawat karena sifat anti bakteri dan anti radang.

selain beberapa hal di atas, masih banyak lagi manfaat dan khasiat tomat, diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan kelelahan, menambah nafsu makan, memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia, membantu menjaga organ hati dan ginjal, serta mencegah kesulitan buang air besar.

Mereka yang menderita radang seperti osteoartritis  dan radang sendi, juga mereka yang menderita asma dan bronkitis dianjurkan untuk tidak mengonsumsi tomat karena dapat memperparah penyakitnya.
khasiat tomat pencegah kanker

Tingginya manfaat tomat untuk kesehatan juga harus diiringi dengan cara mengonsumsinya yang baik dan benar. Tomat adalah buah yang terdiri dari kulit yang mengkilat dan sangat tipis, daging tomat tebal, dan bijinya sangat banyak. Dari setiap bagian ini memiliki manfaat masing-masing, dari mulai kulit tomat yang memiliki kandungan senyawa aktif yang tinggi dan sangat besar menfaatnya.

Pada kulit tomat terdapat falvonoid atau yang disebut juga dengan bioflavonoid, zat kimia inilah yang membuat jeruk, paprika, chery, dan tomat memiliki warna-warna yang sangat menarik, Flavonoid juga memberikan perlindungan antioksidan bagi yang mengonsumsinya. Maka dari itu, ketika mengonsumsi tomat, makanlah beserta kulit-kulitnya.

Baiklah sekian dulu pembahasan kita mengenai khasiat tomat tanaman pencegah kanker semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Khasiat Tomat Tanaman Pencegah Kanker"

Post a Comment

wdcfawqafwef