8 Khasiat Oyong Yang Harus Anda Ketahui

8 Khasiat Oyong Yang Harus Anda Ketahui.- Oyong atau yang lebih dikenal dengan gambas memiliki nama botani Luffa Acutangula, berasal dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Tumbuhan minor ini dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah menjadi sayur. Oyong dapat tumbuh di mana saja dengan cara merambat, dengan iklim yang kering, dan ketersediaan air yang ada cukup hingga sepanjang musim.


khasiat oyong
Oyong diperkirakan berasal dari India dan menyebar ke kawasan Asia lainnya, terutama Cina dan Jepang. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis dan dapat hidup di dataran tinggi sampai dengan ketinggian 1.500 dpl dengan suhu 18 - 24 dejarat C dan kelembaban 50 60 %. Untuk panen yang optimal, oyong baik ditanam di tanah yang subur, gembur, banyak mengandung humus, beraerasi dan berdrainase baik, serta mempunyai pH 5,5 - 6,8.


khasiat oyong
Muda di dapur, tua di kamar mandi. Itulah oyong luffa acutangula. Saat muda oyong digunakan sebagai bahan sup yang lezat, ketika sudah tua menjadi penggosok tubuh. Kandungan gizi yang terdapat di dalam oyong diantaranya seperti karbohidrat, gula, lemak,protein, vitamin B1, vitamin C, kalsium, Vitamin A, zat besi, fospor.

Beragam khasiat dari oyong antara lain:

khasiat oyong
  • Oyong yang muda dapat menekan asma dengan cara dijus 2 kali sehari secara teratur.
  • Oyong juga dapat meredakan tenggorokan dengan cara dijus.
  • Bagi ibu yang menyusui, oyong sangat berguna untuk memperbanyak ASI.
  • Bagi yang menderita cacingan, dewasa 40 - 50 gr biji oyong, sedangkan 30 gr untuk anak-anak, cukup dengan ditumbuhk halus kemudian seduhlah bubuk tersebut dengan air panas secukupnya, minumlah satu gelas setiap harinya.
  • Oyong mengandung pto vitamin A, B dan vitamin C dengan kadar yang rendah.
  • Oyong juga mengandung beberapa senyawa kimia yang baik bagi kesehatan seperti saponin triterpen, luffein, citruline, cucurbitacin, dan lain sebagainya.
  • Oyong juga mengansung senyawa cucurbitacin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan disebut juga zat antidiabetes.
  • Oyong juga dapat menyembuhkan panas dalam, desentri, melancarkan peredaran darah, dan bahkan konon di India, daunnya bisa digunakan untuk obat desentri, melancarkan air seni, melancarkan haid pada wanita, obat muntah, dan penawar racun ular.
Oyong merupakan tanaman penghasil serat yang alami yang juga dikembangkan menjadi berbagai macam produk, bahkan sampau dibuat tas.
khasiat oyong

Nikmati oyong selagi muda, Oyong adalah tanaman yang merambat yang sangat baik untuk dikonsumsi ketika masih muda dengan cara melihat penampakan fisik dan bentuknya. Bila kulitnya masih mulus, teksturnya juga bila ditekan dengan jari masih keras, itu menandakan bahwa oyong masih muda dan sangat layak untuk diolah.

Semakin empuk, berarti oyong sudah semakin tua. Untuk penyimpanan, oyong cukup dibungkus dengan koran atau kertas, dan masukkan ke dalam lemari es. Ketika hendak dikonsumsi cucilah hingga bersih dianjurkan dengan air yang mengalir.

Sekian dulu pembahasan kita mengenai 8 khasiat oyong yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

0 Response to "8 Khasiat Oyong Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

wdcfawqafwef